Siapa Lo?

saat pertama kali bertemu dengan orang baru, apa yang pertama lo tanyain?? berat badan? status hubungan? nomor rekening? tempat cukur favorit? atau ukuran sempak? i bet all of you will ask name for the first place.. ya kan? ya normalnya manusia kan begitu.. kalo kurang normal ya mungkin nanya yang lain..

pernah kah lo terpikirkan ketika ada yang bertanya “Lo Siapa?” atau “Siapa Anda?” mungkin jawaban yang diharapkan oleh si penanya bukanlah kumpulan kata-kata indah rupa sarat makna yang menunjukkan identitas de facto seseorang… alah.. ya pokoknya bukan nama sesuai akta lahir yang dimaksud oleh si penanya .. tapi hal lain.. entah itu posisi lo di masyarakat, jabatan lo di sebuah organisasi, makna keberadaan lo di dunia, fungsi lo di ekosistem, atau apa pun yang membuat kalimat “ga ada lo ga rame” berlaku..

dulu, terdapat seorang anak dengan kepercayaan diri yang hampir krisis. perubahan lingkungan membuat dia merasa menjadi manusia paling bodoh sedunia… setiap berangkat sekolah dia ketakutan setengah mati karena merasa tidak cocok dengan lingkungannya yang baru… ya anak itu adalah gw.

masa SMP adalah masa paling heboh dalam hidup gw. gw, Wina Ekawati, seorang anak kampung yang terbiasa main di sawah, ngobak di kali, ngambilin ubi di kebun orang, maen perang perangan di lahan kosong, ga pernah menang kalo main lompat tali, tiba-tiba harus dihadapkan dengan dunia baru. gw sekolah SD di Cijahe (SDN Cijahe Curug 4, sekarang udah ganti nama jd SDN Cijahe Curug aja.. ga pake empat) temen-temennya ya tetangga gw.. satu habitat, sama-sama orang kampung.. seiya sekata.. satu hobi satu selera.. ya… masih polos dan polos.

lalu gw masuk ke SMP Negeri 4 Bogor.. katanya salah satu SMP favorit se-bogor raya. kok bisa masuk ke situ win? meneketehe.. ==” NEM gw bagus katanya,, jadi dianggap pinter dan layak masuk meureun.. :p

lalu masa-masa krisis kepercayaan diri pun muncul. gw ngerasa ga ngerti sama gaya hidup temen-temen gw yang baru.. internetlah.. handphonelah.. komiklah.. pacarlah..uang jajan segaban lah.. les bimbel lah… semua hal baru yang terlihat amat WAH bagi gw. dan PACAR masih terlihat WAAAAh sampai saat ini (beeuuh) :p

dulu gw sempet berpikir.. gw ini siapa?? ga ada apa-apanya… gw ga mau gaul sama mereka… pengen pindah sekolah aja..

pikiran itu terus bergumul di otak gw selama perjalanan menuju sekolah.

otak gw saat itu masih mengukur materi sebagai indikator lo orang apa bukan.. ya kasarnya begitulah..

lalu pada masa SMA.. pertanyaan “gw ini siapa?” masih aja muncul… sekarang di ranah yang katanya lebih dewasa.. ranah idealisme.

idealisme.. apa sih idealisme? prinsip yang membedakan lo dengan orang lain? prinsip yang lo pegang teguh tanpa ada kata tawar menawar?

gw jg gatau arti pastinya dari idealisme..

masa SMA adalah masanya ikut-ikutan. that was it. dan gw? a big follower, of course.

lalu sekarang win? masa kuliah???

entah lah… gw masih suka bingung untuk menjawab pertanyaan macam “Siapa Lo?”

haha.. ini lah masa dimana yang mudah dibuat sulit… OTAK LU WIN!

pencarian jati diri adalah proses yang paling absurd.. membicarakannya padahal sedang berkutat di dalamnya.

hmm.. i’m still looking for the answer..

sekarang gw hanya bisa mencoba untuk jujur pada diri gw sendiri, semoga dapat membantu gw untuk menjawab pertanyaan itu.

Advertisements

4 thoughts on “Siapa Lo?

  1. “pencarian jati diri adalah proses yang paling absurd.. membicarakannya padahal sedang berkutat di dalamnya.” nice quote

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s