me talk about po-li-tik

terus terang beberapa tahun belakangan ini gw berada di dalam suatu kebingungan yang luar biasa. dulu waktu SMA gw sempet ngikutin perkembangan politik di Indonesia. tiap malem gw nonton berita atau talkshow yang ngebahas tentang perpolitikan di Indonesia. ya, umur gw yang masih belia dan jiwa gw yang penuh kegairahan khas darah muda darahnya para remaja (maklum sekarang umur gw udah menginjak dua millenium, EDDUN!! teman sepermainan megantrophus paleojavanicus lo, win?) telah menggiring otak gw untuk berpikiran kritis atas segala informasi yang datang ke otak gw. hingga pada akhirnya gw mulai bosan dengan semua hal yang berhubungan dengan perpolitikan.. bosan! gw merasa penat! pecahkan saja asbaknya biar ramai!! tapi ingat pecah berarti membeli.. silahkan ke kasir! (kayaknya si wina ini titisan maba-mba SPG berbulu-mata-panjang-menggunakan-mascara-volume-XXI, haha itu maskara apa bioskop?)

lukisan yg gw buat pas SMA
gw melukis Indonesia di tengah air dan api, tapi anehnya air bisa panas, api bisa dingin. kita yang ada di bumi Indonesia, hanya bisa panas dingin, meriang..

ya begitulah kawan, apa daya, gw sebagai mahasiswi yang juga perwakilan dari persatuan tukang ojeg penggemar toge goreng sapta, menyatakan bahwa gw cape dengan segala hal yang berkaitan dengan politik!! politik itu membuat dunia lebih kompleks!! jauh lebih kompleks dari sinetron!!! SUWER!!
kalo di sinetron kita bisa dengan gampang bilang si A itu antagonisnya, si B ini protagonisnya.. sehingga kita dapat dengan yakin-seyakinnya akan mendukung pernikahan shiren sungkar dan teuku wisnu!  (hidup cinta pitri!!) alahh pokoknya mah gampang buat ngebedain yang jahat dan yang baik! segampang memilih jawaban yang benar di soal pilihan ganda pelajaran PPKn jaman gw SD dulu.. (bukannya sombong nih ya, cuma mau pamer aja *tampar*, gw bisa ngerjain soal ujian PPKn dalam waktu 5 menit doang!! saking gampangnya bedain jawaban yang bener ama salah :p ), segampang membedakan duit seratusribuan ama koin gopean, segampang membedakan superman ama si bolang, segampang membedakan anang ama syahrini… ahh hebat ya sinetron kita.. mudah ditebak sekali rupanya (ini bangga apa miris, win?) :p
beda halnya dengan politik, di dunia perpolitikan semuanya terlihat ABU-ABU MONKEY!
tau dah mana yang bener mana yang salah, satu yang pasti SEMUA NGAKU PALING BENER!! yaeeaaaallaahh
alhasil, kita-kita ini, orang-orang awam, hanya bisa diam (karena bingung) di tengah arena permainan politik yang sedang hingar bingar dengan adegan saling tusuk, saling jegat, saling jambak, saling belai (eh).. RIWEEUUHH PAK PENGUASAAA!!!
gw jadi mulai susah buat percaya sama yang namanya pemberitaan dari media massa, karena ternyata ga semua yang lo denger itu bener!! banyak media massa yang udah ga obyektif. semuanya punya kepentingan tersendiri, dan kita-kita ini (lagi-lagi) hanya mampu diam dan dicekoki berbagai pemberitaan yang lebih tepat untuk disebut sebagai promosi politik daripada berita!
terus terang gw takut jadi apatis, dan ga peduli sama apa yang terjadi di sekitar gw. gw takut pikiran gw ga jadi kritis lagi karena gw ngerasa memikirkan permasalahan negara hanya akan menjadi kegiatan buang-buang waktu dan energi saja! lalu kemudian gw lebih memilih untuk ngeborong cireng  bandung untuk gw makan di pojokan kamar gw daripada gw nyalain tipi dan melihat orang-orang pinter berbicara tentang politik.. argh..
gw ngerasa kita hanyalah pion-pion di atas papan catur – kecil, powerless – GAMPANG BUAT DIMAKAN!!!
maka bapak-ibu penguasa sekalian, kiranya bapak-ibu jangan jadikan kami seolah bisu padahal tidak, jangan jadikan kami seolah budeg padahal tidak, jangan jadikan kami seolah buta padahal tidak.
kami mulai apatis, pak, bu. apakah bapak dan ibu senang dengan keapatisan yang mulai menjangkiti generasi muda Indonesia macam saya ini??? saya termasuk generasi muda loh, pak, bu..
apakah bapak-ibu rela kami lebih memilih nonton acara infotainment yang intonasi naratornya kayak ngajakin orang berantem daripada nonton bahasan tentang perbaikan negara?
CARANYA??? stop membohongi kami!!!
ahh.. kok bapak-ibu diam saja..? kayaknya tenang-tenang aja nih.. yaudah lah.. gw mau borong cireng bandung dulu.. see ya next time!

Leave a Reply

