Rokok Diharamkan??

Banyak pro kontra mengenai rencana pengharaman rokok bagi umat Islam. wacana ini dimunculkan ke permukaan atas usul KOMNAS perlindungan anak.

seperti biasa para perokok akut tidak akan mau mengalah begitu saja… ya karena bagaimanapun merekasudah kecanduan,, dan sulit untuk pulih dari kecanduan mereka akan nikotin…

sebenarnya apa yang melatarbelakangi KOMNAS Perlindungan anak utk mengusulkan rencana ini pada MUI yah?! usut punya usut… ternyata mereka sudah sangat prihatin dengan keadaan pgenerasi muda Indonesia yang dengan mudahnya diperbudak oleh rokok… tidak mengherankan kalu para pelajar sekolah menengah bahkan dasar sudah banyak yang telah mahir menghisap tembakau berbalut kertas tipis ini…

kok bisa? entahlah… enggak akan ketemu jawabannya kalau kita hanya menyalahkan satu pihak saja,,, karena faktanya perkembangan perilaku seorang anak bergantung kepada lingkungan… jadi kalau ada anak SD yang belom bisa ngebedain kanan sama kiri tp sdh bs jajan Djarum Black… itu adalah bentuk dari kegagalan sistemik yang terjadi di masyarakat kita… (btw… kegagalan sistemik apaan?)

sedikit share pengalaman,,, beberapa bulan yg lalu.. waktu mau berangkat ke kampus saya seangkot sama seorang siswa SMP yang berperawakan kurus atw cungkring,, muka polos,,, tinggi badan msh tinggian saya… dengan jumawanya anak yang satu ini merokok di dalam angkot… mungkin dia pikir itu keren,, apalagi rokok yang dia hisap itu djarum black,,, kan keliatannya cool bgt tuw… padahal terus terang,, pas melihat kejadian itu saya ingin tertawa keras2… dan ngasih tau kalo dia sama sekali ga pantes ngisap rokok,,, mendingan ngisap susu bantal gitu biar bobotnya bisa nambah dikit… (karena saya jg banyak minum susu biar ga cungkring2 amat… jd saran itu datang dari pengalaman pribadi…)

lagi pula emang berapa sih uang saku anak SMP? apakah rokok itu teramat mendesak???? klo enak… ini mah pait bikin batuk lg(hasil riset pd org yg pernah mencoba rokok..)… isinya racun doang… tetep aja dibeli…

kalo asepnya ikut ditelen juga sama si perokok… tapi enggak kan? asepnya nyebar kemana2… mengkontaminasi udara yang mau dihirup orang lain… hasilnya org yang ga ngerokok ikt2 kena penyakit paru2… deuh…

bukaknkah setiap org memiliki hak asasi?? dan hak seluruh Manusia utk bs menghirup udara bersih…

klo mau mati cepet sendirian aja… jgn ngajak2… emg arisan?

intinya: saya setuju rokok diharamkan… tp kalo bener sdh keluar fatwa ini… tolong ding agar pemerintah menunjukkan kesungguhannya untuk menyehatkan seluruh manusia Indonesia… tutup pabrik rokok… ganti haluan kek jadi pabrik peuyeum…

3 thoughts on “Rokok Diharamkan??

  1. Nanti peuyeum jadi “haram” lho, tante wina, hehehe….

    Menurut saya mah, ditimbang2 dulu deh soal haram-tidaknya rokok teh. Pemerintah mungkin gamang kalo pabrik rokok ditutup, tar pegawenya kerja di mana. Ini menyangkut nasib orang banyak juga. Ya, seharusnya hukum bener2 ditegakkan. Inget ngak ma peraturan larangan merokok tahun 2005 (kalo ngak salah)? Itu mestinya dijalanken lho. Saya mungkin perokok, tapi ya saya mencoba “ikut” aturanlah (contohnya nggak merokok sembarangan, apalagi di angkot). Maap, saya tidak membela kaum perokok lho. Sebab, kadang2 perokok emang bandel! Tidak berperikemanusiaan :P! Huh….

  2. ngadukung for “no smoking”…

    “If you quit, don’t start again, thats the hardest part about not smoking, 2-3months later, or a year or whenever you might get that urge to smoke, don’t do it!” kitu cenah…

    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s